Written by admin on . Hits: 46

PTA Jambi Pengawasan Reguler Tahun 2019 di PA Muara Bungo

www.pa-muarabungo.go.id

Bungo | Rabu 27 Maret 2019 s.d Kamis 28 Maret 2019, Tim Pengawas PTA Jambi melakukan pengawasan dan pembinaan rutin di Pengadilan Agama Muara Bungo. Tim Pengawas dipimpin oleh HATIBINWASDA Bapak Drs. H. Masykurin Hamid, S.H.,M.S.I. yang beranggotakan H. Idris Latif, S.H.,M.H. (Sekretaris PTA Jambi), Sahril, S.H.,M.H. (Panmud. Banding PTA Jambi), Faizal, S.H, M.H. (Panitera Pengganti PTA. Jambi) H. Zainal Abidin, S. Ag, M.H. (Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga PTA Jambi). Pengawasan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Rabu 27 Maret 2019 s.d Kamis 28 Maret 2019.

Dalam kesempatan tersebut, dibawah arahan Koordiantor Hakim Tinggi Pengawas untuk PA Muara Bungo Drs. H. Masykurin Hamid, S.H., M.S.I., Tim pengawas melakukan pemeriksaan yang berhubungan dengan APM, Zona Integritas, administrasi perkara, pelayanan publik, kesekretariatan dan kepaniteraan. Setelah dua hari melakukan pengawasan dan pembinaan di PA Muara Bungo, siang harinya dilakukan expose  yang dibuka oleh KPA Muara Bungo, dilanjutkan pemaparan temuan-temuan oleh Tim Pengawas.

Menurut Hakim Tinggi Pengawas Drs. H. Masykurin Hamid, S.H., M.S.I.

“sekian banyak Pengadilan Agama di wilayah Hukum PTA Jambi yang saya kunjungi PA Muara Bungo sangat berbeda dilihat dari luar maupun dalam sangat cantik dan indah tidak ada yang mengecewakan. Ini merupakan salah satu berkah dari APM dan pembinaan yang dilakukan WKPTA Jambi beberapa hari yang lalu. Semoga bisa dipertimbangkan untuk diusulkan kenaikan kelas menjadi IB. Tegas Hakim Tinggi asal Kendal Jawa Tengah ini dengan tersenyum.

Lain lagi expose yang disampaikan oleh Pengawas Bidang Kepaniteraan, Sahril, S.H.,M.H., menurutnya Masalah pelayanan publik di PA Muara Bungo sudah bagus meskipun demikian ada sedikit yang perlu diperbaiki.

“Hasil pengawasan yang dilakukan Hakim Pengawas Bidang tahun 2019 tidak ada, seharusnya ada”  terang alumni UNBARI Jambi ini

“Jurusita/Jurusita Pengganti harus ada surat tugas ketika mengantarkan panggilan kepada para pihak”

dilanjutkan oleh Faizal, S.H.M.H. yang mana dalam pemaparannya beliau menyampaikan

“Ketika saya pengawasan ke PA Muara Bungo Tahun 2017 banyak temuan-temuan yang kami temukan, tetapi ditahun 2019 ini nyaris sempurna dan tidak ada temuan yang berarti, ini merupakan imbas dari pelaksaan APM yang baik di PA Muara Bungo semoga ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi pungkasnya”.

Adapun berkenaan dengan Kesekretariatan hasil expose disampaikan oleh Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga PTA Jambi H. Zainal Abidin, S. Ag, M.H. dalam paparannya di bagian kesekratriatan ditemukan beberapa kekurangan.

“Dibagian Kepegawaian Kolom Absen Pegawai harus sesuai dengan jumlah pegawai yang ada” kemudian dibagian Umum dan Keuangan “ Harus ada simulasi tanggap darurat, BABX harus ada. Sementara itu dibagian Perencanaan, TI dan Pelaporan Transparansi Anggaran Tahun 2019 harus dipublikasikan di Website.

Terakhir pemaparan temuan oleh H. Idris Latif, S.H.M.H. (Sekretaris PTA Jambi), dalam paparan beliau menyampaikan beberapa hal

“ Terima kasih kepada PA Muara Bungo yang telah bekerja keras mempertahankan A Excellent dalam Akreditasi Penjaminan Mutu, Alhamdulillah PA sewilayah PTA Jambi yang dulu meraih A Excellent tidak ada yang kena degredasi dalam kata lain turun dari A Excellent menjadi B atau C ungkapnya.

“Dokumen Surveilance APM harus di Print Out bukan hanya dalam bentuk Soft copy saja”

Menanggapi temuan-temuan tersebut, Ketua PA Muara Bungo Dra. Hj. Asmidar menuturkan kesiapannya untuk memperbaiki temuan-temuan tersebut.

Kami sangat berterima kasih kepada Tim Pengawas yang sudah melakukan pembinaan di sini, atas temuan-temuan tersebut insya Allah akan kami perbaiki dalam tempo yang sesingkat-singkatnya dan mudah-mudahan  kesalahan-kesalahan tersebut tidak terulang lagi di masa yang akan datang Terang Hj. Asmidar menanggapi expose tersebut. Photo bersama merupakan bagian penutup dari kegiatan pengawasan PTA Jambi di PA Muara Bungo (Jurdilaga/MR)

Add comment


Security code
Refresh

Kategori

Reformasi Birokrasi

Pengumuman

Seputar PA Muara Bungo

 

We have 43 guests and no members online

Pengadilan Agama Muara Bungo@2018