HUTRI

Written by admin on . Hits: 39

PA Muara Bungo Terima Gugatan Ekonomi Syari’ah pertama Tahun 2019

 

www.pamuarabungo.go.id

Bungo | Kamis 22 Agustus 2019. Perluasan kewenangan Peradilan Agama dalam masalah ekonomi syari’ah berdampak kepada penerimaan perkara sengketa ekonomi syariah yang diajukan masyarakat ke Pengadilan Agama. Demikian halnya yang terjadi di Pengadilan Agama Muara Bungo. Rabu  21 Agustus 2019 merupakan catatan sejarah bagi Pengadilan Agama Muara Bungo yang pada hari itu untuk pertamakalinya telah menerima Gugatan Ekonomi Syariah dengan Nomor Perkara 01/Pdt.GS/2019/PA. Mab.

Sebagaimana diketahui bahwa kewenangan Peradilan Agama dalam masalah ekonomi syariah telah dinyatakan dalam Pasal 49 huruf (1) UU No. 3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama yang selanjutnya diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi No. 93/PUU-X/2012 Pada tanggal 29 Agustus 2013 mengenai Judicial Review Pengujian Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dengan perluasan kewenangan tersebut, masyarakat khususnya para pihak berperkara sangat menaruh harapan yang tinggi kepada Pengadilan Agama dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi syari’ah. Merupakan tantangan besar bagi aparatur Peradilan Agama untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam kapasitasnya guna menjawab tantangan tersebut sesuai dengan kewenangan. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pengadilan Agama Muara Bungo dibawah arahan Panitera Ghozi, S. Ag. M.A.  (Jurdilaga/MR).

Add comment


Security code
Refresh

Kategori

Reformasi Birokrasi

Pengumuman

Seputar PA Muara Bungo

 

We have 57 guests and no members online

Pengadilan Agama Muara Bungo@2018