Written by admin on . Hits: 163

Aparatur PA Muara Bungo Raih Peringkat Terbaik dalam Webinar Menulis Laporan Efektif

 

www.pa-muarabungo.go.id

Bungo|Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu instansi, karena dalam suatu instansi dimana hubungan antara atasan dengan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan instansi tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan dalam suatu instansi baik berupa hubungan antara atasan dengan bawahan maupun antar sesama pegawai yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation of authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana secara efektif dan efisien. Kerjasama antara atasan dengan bawahan bisa dilakukan, dibina melalui komunikasi, baik komunikasi secara lisan maupun tulisan (laporan). Agar laporan tersebut bisa efektif mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi demi terbentuknya laporan yang baik maka seseorang perlu mengetahui bagaimana cara pembuatan format laporan yang sempurna. Sehingga dengan laporan yang terformat bagus akan bermanfaat baik dalam komunikasi maupun dalam pencapaian tujuan.

Pengambil kebijakan akan senang membaca laporan yang efektif. Efektif bisa berarti tepat sasaran (sesuai dengan target pembaca), ditulis secara ringkas, tidak bertele-tele, namun menggambarkan keseluruhan proses kegiatannya. Penulisan laporan sebaiknya melengkapi laporan dengan infografis agar pembaca mudah mencerna permasalahan yang rumit.

Laporan efektif ini dapat diterapkan pada semua jenis kegiatan. Misalnya, laporan perjalanan Dinas, laporan Tahunan, laporan hasil audit, laporan studi banding, laporan penelitian dan lain-lain.

 

Menyikapi hal tersebut Badan Litbang Diklat Hukum  dan Peradilan Mahkamah Agung RI bekerjasama dengan Tempo Institute telah mengadakan Webinar/Seminar Online "Menulis Laporan Efektif" secara daring yang diikuti oleh 4 lingkungan Peradilan dibawah Mahkamah Agung dari tempat kerja masing-masing melalui zoom meeting, yang hingga saat ini sudah terlaksana, Batch I Hakim  13-17 Juli 2020, Kelompok Kesekretariatan (1-2) tanggal 13-14 Juli 2020 dan Kelompok Kepaniteraan (1-2) tanggal 24-28 Agustus 2020, dalam pelaksanaan webinar tersebut Aparatur PA Muara Bungo berhasil meraih peringkat terbaik yaitu Ahmad Farhan Subhi, S.Sy, S.H.,M.H.,(peringkat terbaik 1 Batch I Hakim), Deri Praja Kusuma, S.Kom, M.S.I. (peringkat terbaik 1 Kelompok Kesekretariatan (1-2), Ghozi, S.Ag, M.A. (peringkat terbaik 1 kelompok Kepaniteraan) dan Hazizah, S.Sy (peringkat terbaik 3 Kelompok Kepaniteraan).

Torehan prestasi ini tentu sangat membanggakan bagi PA Muara Bungo. Ketua PA Muara Bungo Suspawati, S. Ag mengucapkan selamat atas capaian prestasi para apararur PA Muara Bungo semoga pada wabinar selanjutnya bisa mengukirkan prestasi kembali ujarnya. Jurdilaga/MR

Add comment


Security code
Refresh

Kategori

Reformasi Birokrasi

Pengumuman

Seputar PA Muara Bungo

 

We have 31 guests and no members online

Pengadilan Agama Muara Bungo@2018