Written by admin on . Hits: 48

Ketua PA Muara Bungo Launching Aplikasi Siang OPA

 

www.pa-muarabungo.go.id

Bungo|Senin, 29 Maret 2021 di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Agama Muara Bungo, diselenggarakan acara Launching Aplikasi Inovasi Aksi Perubahan yakni Aplikasi SiangOPA (Sistem Informasi Antrian Sidang Online PA Muara Bungo), acara dimulai tepat pada pukul 09:00 WIB dengan dihadiri oleh segenap unsur pimpinan, para hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh karyawan/karyawati Pengadilan Agama Muara Bungo dan acara tersebut disiarkan secara live melalui kanal YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=WzI7NOiGLOQ.

Aplikasi SiangOPA merupakan aplikasi yang dibangun pada masa pandemi covid 19, dengan tujuan mengurangi resiko berkumpulnya para pencari keadilan dalam menunggu antrian saat persidangan dilaksanakan di Pengadilan Agama Muara Bungo. Dalam implementasinya para pencari keadilan dapat mengambil nomor antrian dan melihat histori perkara di tempat para pencari keadilan berada secara online pada saat hari sidang atau satu hari sebelum persidangan.

Fungsi dari Aplikasi SiangOPA ini adalah:

  1. Memberikan informasi perkara tentang waktu persidangan, sehingga pengguna layanan bisa datang sesuai dengan jadwal sidangnya, serta dapat mengatasi keterbatasan infrastruktur ruang tunggu persidangan;
  2. Pengambilan antrian sidang secara online bagi para masyarakat pencari keadilan;

Tujuan dan Manfaat dari Aplikasi SiangOPA ini adalah:

  1. Bagi Masyarakat

Masyarakat terpuaskan dengan kemudahan dan moderenisasi pelayanan di PA Muara Bungo

  1. Bagi Institusi

Meningkatkan kualitas pelayanan publik di Pengadilan Agama Muara Bungo

  1. Bagi Pimpinan

Mempermudah pimpinan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya

Di dalam Aplikasi SiangOPA (Sistem Informasi Antrian Sidang Online PA Muara Bungo) terdapat dua menu yang dapat diakses yakni menu Histori Persidangan dan menu Antrian Sidang.

Aplikasi ini dibuat dan diselesaikan dalam tempo 2 (Dua) Minggu oleh Tim Efektif Aplikasi SiangOPA yang dipimpin oleh Ibu Hoiriah, S.Ag., M.H. selaku Reformer.

 

Adapun pihak yang dapat mengakses Aplikasi SiangOPA adalah seluruh aparatur Pengadilan Agama Muara Bungo dan seluruh masyarakat pencari keadilan yang berdomisili di wilayah Kabupaten Muara Bungo. Aplikasi SiangOPA dapat diakses secara online baik menggunakan Komputer maupun perangkat smartphone yang selengkapnya akan dipandu melalui manual book Aplikasi SiangOPA.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Maksor, S.Pd.I., dilanjutkan dengan prosesi launching Aplikasi SiangOPA serta sekaligus Peresmian Ruang Tunggu Pengacara yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Muara Bungo,  Suspawati, S.Ag dengan didampingi oleh segenap unsur pimpinan dan hakim Pengadilan Agama Muara Bungo, kemudian acara dilanjutkan dengan ramah tamah makan bersama. (AFS)

Add comment


Security code
Refresh

Kategori

Reformasi Birokrasi

Pengumuman

Seputar PA Muara Bungo

JAM KERJA

Senin - Kamis

08.00 - 16.30

Jum'at

08.00 - 17.00

ISTIRAHAT

Senin - Kamis

12.00 - 13.00

Jum'at

11.30 - 13.00

JADWAL SIDANG

Senin - Kamis

09.00 - Selesai

 

We have 112 guests and no members online

 

 
Pengadilan Agama Muara Bungo@2018

ALUR ADMINISTRASI PERKARA SECARA ELEKTRONIK (E-COURT)

      

Pendaftaran Perkara Secara Online klik https://ecourt.mahkamahagung.go.id/