Written by admin on . Hits: 38

Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan salah satu program unggulan Mahakamah Agung Republik Indonesia disamping program Akreditasi, program ini mulai diperkenalkan sejak tahun 2017 oleh Mahkamah Agung RI. Dalam perkembangannya program tersebut dilaksankan oleh seluruh pengadilan di bawah Mahkamah Agung.

Berdasarkan keputusan Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor: 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 menyatakan bahwa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) adalah pelayanan administrasi peradilan secara terintegritasi dalam satu kesatuan proses yang dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, hingga penyerahan/pengambilan produk pengadilan melalui satu pintu. PTSP sendiri bertujuan untuk mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, memberikan pelayanan administrasi yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme kepada pengguna layanan dan menjaga indepensi aparatur pengadilan.

Program PTSP dibentuk sebagai salah satu upaya Mahakamah Agung dalam mencegah dan memberantas korupsi dan pungutan liar (pungli) yang bisa terjadi diberbagai lemabaga peradilan Indonesia, hal ini selaras dengan tujuan PTSP yang tertuang dalam surat keputusan Ditjen Badilag. Dengan adanya PTSP diharapkan para pihak berperkara dapat berinteraksi dengan baik dengan pihak pengadilan untuk mendapatkan pelayanan prima dan menjegah terjadinya interaksi lebih yang dapat menjurus kepada hal-hal yang bersifat koruptif.

Terhitung tanggal 28 September 2018 Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) telah resmi diimplementasikan di Pengadilan Agama Muara Bungo. Tentunya pelaksanaan program PTSP ini menambah daftar Pengadilan Agama yang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, sebagai wujud pembenahan lembaga peradilan yang bersih dan bebas korupsi menuju visi Mahkamah Agung “Terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung”. Untuk melihat video PTSP Pengadilan Agama Muara Bungo klik disini


Kategori

Reformasi Birokrasi

Pengumuman

Seputar PA Muara Bungo

 

We have 60 guests and no members online

Pengadilan Agama Muara Bungo@2018